Sebab Kecil yang Membuat Emosi


Sering kali kita merasa bersalah saat orang yang kita kenal atau orang terdekat baik itu dalam hubungan keluarga atau hubungan perasaan, tiba-tiba dia marah. Hal ini menyebabkan kita sebagai orang yang terdekat serba bingung, dan harus berperilaku seperti apa? Begini salah-begitu salah. Padahal kita tidak berbuat sesuatu yang bisa dikatan sewajar dengan tingkah kita, orang tersebut tidak akan marah. akan tetapi, mengapa dia tiba-tiba marah? hooooooh….. Pada dasarnya manusia itu merupakan paduan jiwa dan raga, dimana keduanya saling mempengaruhi satu sama lain.

Adapun penengah dari keduanya ( Jiwa dan Raga) adalah Ilmu pengetahuan ( Pendidikan ). Dengan Ilmu pengetahuan ini, manusia merupakan makhluk Tuhan yang bisa dikatakan Makhluk paling sempurna ( The most perfect creature ). Akan tetapi, biar bagaimanapu kesempurnaan manusia sebagai makhluk, tetap dalam diri manusia hanya makhluk, yang tidak jauh berbeda dengan tumbuhan atau binatang. Ada beberapa hal yang bisa memicu kemarahan yang tak terduga, di antaranya

1. Kurang Tidur Ada beberapa fakta dalam tidur :

*Saat kita sedang tidur nyenyak, nafas, detak jantung dan tekanan darah berada dalam tingkat yang paling rendah.

* Saat kita sedang bermimpi, otak biasanya bekerja mencari pengalaman serupa yang pernah terjadi ketika kita sedang dalam keadaan sadar.

* Banyak orang menderita insomnia adalah pengaruh dari rasa khawatir dan depresi. Dan rata-rata penderita insomnia paling tinggi adalah wanita dan orang tua.

* Rata-rata orang bangun sekitar 6 kali setiap waktu mereka tidur.

* Temperatur tubuh Anda akan menurun drastik menjelang pagi. Biasanya titik paling rendah adalah sekitar jam 4 pagi. Kemudian akan naik lagi setelah matahari terbit.

* Walaupun kita sedang tertidur pulas, ada beberapa bagian dari tubuh kita yang bisa menerima suara atau sinyal dari sekitar. Itu mengapa orang tua selalu bangun ketika bayinya menangis. Dengan melihat fakta di atas, maka jelaslah, bahawa tidur merupakan aktivitas istirahat, maka apabila kita kurang tidur, maka saluran darah banyak tersendat, dan pada akhirnya… stressss…. Waktu normal orang tidur Orang <40 tahun lama tidurnya sekitar 8 – 10 jam Orang 40 – 60 tahun lama tidurnya sekitar 6 – 8 jam Orang >60 tahun sudah tidak menentu lagi lama tidurnya..

Bagaimana tidur yang sehat… baca selengkapanya

2. Perut Lapar Jelaslah, banyak orang bilang, “kurangnya biaya konsumsi, membuat orang prustasi”. Jika lapar maka harus makan. Makan merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Dengan makan, maka nutrisi gizi akan bertambah. Jika lapar, maka kesehatan serta jalur darah akan berjalan lemah dan banyak tersendat, sehingga bisa memicu kemarahan pula

. Gangguan Kesehatan Akibat Kuarang Gizi Baca fakta dan mitos menganai perut anda

3. Banyak Pikiran/Stress Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stres yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari.

Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak cara untuk meredakan stress

1. Redakan Ketegangan Jika Anda sedang duduk, berdirilah dan lakukan perenggangan yang lembut seleber yang Anda mampu. Gerakan tangan dan lengan Anda bergantian, lalu angkat bahu dan buat tubuh Anda merasa rileks.

2. Ambil Jeda Saat Anda menyadari mulai merasakan tekanan, hentikan apapun yang tengah Anda kerjakan dan katakan dalam hati pada diri Anda sendiri ”tenang.”

3. Atur Tarikan Nafas Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan, konsentrasikan pada gerakan diafragma Anda. Lakukan ini dua atau tiga kali hingga Anda mulai merasa terkendali.

4. Bergeraklah Lakukan jalan cepat, meski itu hanya jalan-jalan di seputar ruangan atau kamar mandi, hal ini berguna untuk membantu melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur ini dapat

5. Berpikirlah Positif Pilih sesuatu yang layak, sebuah pemikiran pribadi yang positif – seperti misalnya ”Aku merasakan tekanan positif, bukan stress yang negative” – dan ulangi secara teratur pada diri Anda sendiri.

6. Berteriak Dan Menjerit Pergilah ke sebuah tempat yang pribadi dan menjerit atau berteriak sekeras yang Anda bisa. Ini dapat juga dipakai untuk terapi pereda stress. Beberapa orang menemukan memukul bantal sekeras mungkin dapat membantu.

7. Santap Makanan Sehat Jalani diet makanan sehat dan jangan tergoda untuk makan berlebih. Santap makanan kecil yang sehat, seperti buah kering, biscuit gandung untuk membantu memperbaiki kadar gula Anda. Jadi dengan melihat keterangan di atas, maka wajar jika stress akan marah-marah. Hal itu bisa di katakan normal. Marah terlampiaskan, stres berkurang Sebab lain yang menyebabkan marah adalah :

a. Tidak Bisa Mengendalikan Perasaan terhadap Hal yang tidak menyenangkannya

b.Kurang Hiburan

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s