Ilmu Teknologi dan Pengetahuan Lingkungan


Ilmu Teknologi dan Pengetahuan Lingkungan Mengenai Limbah B3

 

 

 

            Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di satu sisi memang berdampak positif, yakni dapat memperbaiki kualitas hidup manusia. Berbagai sarana modern industri, komunikasi, dan transportasi, misalnya, terbukti amat bermanfaat. Namun banyak yang tidak yang tidak sadar bahwa teknologi membawa dampak yang kurang baik. Kadar kurang baik ini menjadikan manusia sebagai subjek (pengelola), pengemban, mengorganisir teknologi menjadi sumber dari segala sumber yang tidak baik.

            Seperti yang telah dipresentasikan oleh kelompok 4 tentang ilmu teknologi dan pengetahuan lingkungan mengenai limbah B3. Limbah B3 merupakan limbah yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang karena sifat atau konsentrasinya atau jumlahnya baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak dan mencemari lingkungan hidup atau dapat membahayakan manusia. Menurut pendapat saya, masyarakat yang tidak mengetahui apa itu limbah B3 harus diberikan pengetahuan apa arti limbah B3, apa yang termasuk jenis limbah B3, apa dampak yang ditimbulkan dari limbah B3 dan bagaimana solusi untuk mengatasi limbah B3.

            Limbah B3 sangat berbahaya khususnya bagi kesehatan, karena limbah tersebut beracun. Teknologi diharapkan mampu untuk menanggulangi masalah B3, walaupun kita tau teknologi untuk mengolah limbah B3 jauh lebih mahal dibandingkan teknologi yang konvensional. Tetapi, apabila limbah B3 diolah terlebih dahulu sebelum mencemari lingkungan dan terkena manusia akan memimimalisir dampak yang akan ditimbulkan. Maka, pengetahuan akan limbah B3 itu sendiri sangatlah penting, serta apabila kita mengerti teknologi yang dapat mengolah limbah akan lebih baik untuk lingkungan hidup dan kesehatan.

Referensi:

http://hermawan-prabowo–fst08.web.unair.ac.id/artikel_detail-68142-Umum-Filsafat%20Ilmu,%20Ilmu%20Pengetahuan%20dan%20Budaya.html

http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/Pengelolaan_Lingkungan_Hidup_untuk_Tk_SMA/BAB_12_IPTEK_DAN_LINGKUNGAN.pdf

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s