DPR Akan Sahkan Kajian Gedung Baru


DPR Akan Sahkan Kajian Gedung Baru

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPR Marzuki Alie menegaskan bahwa Badan Urusan Rumah Tangga akan mengesahkan usul dan kajian gedung baru dari tim perencana pembangunan yang terdiri atas Sekretariat Jenderal DPR dan Kementerian Pekerjaan Umum.

“Selama ini seratus persen dari Kementerian PU. BURT tinggal ketok palu. Jangan anggap BURT punya keahlian. Kami tinggal mengesahkan,” katanya di Gedung DPR di Jakarta, Senin.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi kerja Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam upaya efisiensi pembangunan gedung baru DPR, termasuk jika hanya dibangun setinggi 26 lantai.

“DPR berterima kasih atas visi dari ahli Kementerian PU. Apapun hasilnya, kami akan terima dengan lapang dada. Keputusan yang diambil DPR adalah membangun gedung dan saya senang sekali ada efisiensi,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PKS Mahfudz Siddik berharap pembangunan gedung baru DPR dibatalkan sebab tetap menuai protes dari masyarakat meskipun ada efisiensi anggaran. “Efisiensi anggaran bukan solusi karena mau dikecilin atau dibesarin, masyarakat tetap menolak. Lebih baik dibatalin saja daripada ribut begini,” katanya.

Menurut dia, efisiensi pembangunan gedung baru DPR adalah bagian dari dorongan pimpinan DPR. Karena itu, dalam waktu dekat pimpinan DPR dan pimpinan fraksi akan rapat kembali untuk memutuskan kelanjutan pembangunan gedung baru DPR, termasuk memastikan bahwa proses tender berjalan secara transparan.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengecek kembali anggaran dan desain gedung baru DPR. Pengkajian yang dilakukan oleh PU seharusnya tidak semata-mata untuk menurunkan biaya pembangunan gedung baru.

Sekjen DPP PDIP ini menegaskan, pihaknya tetap meminta perencanaan ulang gedung baru DPR dengan desain yang lebih sederhana dan serba guna sehingga bisa dihasilkan sebuah gedung yang monumental. “Namun, monumental bukan berarti harus mewah,” katanya.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s