Manusia dan Cinta Kasih


Manusia dan Cinta Kasih

Manusia diberikan anugrah oleh Tuhan YME untuk mencintai dan di cintai, cinta adalah perasaan yang universal, cinta memberikan kebahagiaan dan kesedihan. Cinta sendiri member arti memiliki peranan penting dalam suatu kehidupan, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan. Cinta juga bisa diartikan dalam arti lain yaitu pengikat yang kokoh antara manusia dan tuhannya sehingga manusia menyembah tuhan dengan ikhlas, dan mematuhi perintahnya.

Pengertian Cinta Kasih

Cinta adalah makna yang tersirat dalam hati, sedangkan kasih makna yang tersurat dalam perbuatan, karena kasih lebih memiliki arti rasa belas kasihan dan rasa ingin melindungi. Dengan adanya kasih cintapun semakin sempurna. Karena kata cinta dan kasih tidak bisa dipisahkan. Rasa saling membutuhkan, rasa saling memiliki, dan rasa saling mengasihi. Semuanya ada pada diri manusia yang memiliki rasa cinta dan kasih. Cinta kasih adalah perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Dengan denikian dua kata cinta dan kasih memiliki arti tersendiri. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih bersumber dari cinta yang mendalam.

 

Cinta Menurut Ajaran Agama

Setiap agama yang di yakini oleh setiap umatnya pastinya mengajarkan cinta sesuai dengan ketentuan dan syariat yang berlaku. Rasa cinta kepada sesame tidaklah boleh mencintai lebih dari cinta terhadap Tuhan kita. Mencintai seseorang pun juga tentulah mengingat batas yang di ajarkan, tidaklah boleh melebihi batas yang  ada tanpa di landasi dengan adanya sebuah pernikahan.

Tuhan menciptakan agama guna menuntun umatnya untuk lebih terarah dalam mempergunakan rasa cintanya.Tuhan menganugerahi umatnya dgn cinta, agar umatnya bebas menentukan agama yg sesuai dengan kemampuannya.Pada intinya cinta dan agama diciptakan Tuhan agar kehidupan didunia tertata apik oleh manusia sebagai penghuninya.

 

Kasih Sayang

Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Apabila suatu hubungan cinta diakhiri dengan sebuah pernikahan maka hal ini akan menimbulkan perasaan yang lebih dewasa lagi dan juga menuntut agar suatu hubungan tersebut lebih bertanggung jawab, perasaan inilah yang disebut dengan kasih sayang. Berbicara soal mengenai kasih sayang tentu tak lepas dari cinta. Oleh karenanya antara kasih sayang, cinta dan kemesraan tak bisa pisah-pisahkan meskipun semua beda pengertian, sebab semuanya saling mengaitkan. Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan pada sepasang manusia untuk saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian. Kasih sayang yang baik sebenarnya adalah memberi bukan menerima. Tidak menuntut orang lain berbuat baik dulu kepada kita baru kita membalasnya dengan kasih, tetapi kita harustetap mengasihi tanpa syarat. Kasih itu juga dapat didefinisikan sebagai berikut : “Kasih itu sabar, murah hati, tidak cemburu, kasih tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Kasih tidak melakukan yang tidak sopan, tidak mencari keuntungan diri sendiri, kasih tidak  pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain, tidak bersuka cita karena ketidak adilantetapi karena kebenaran.”Kasih mendorong kita dalam pengembangan mendahulukan kepentingan orang lain, dari pada kepentingan diri sendiri

 

Kemesraan

Diambil dari kata “mesra” yang berarti ada perasaan simpati yang akrab, yang dijalin adanya hubungan antara pria dengan wanita, suami dengan istri. Tertanam adanya perwujudan kasih yang mendalam. Mampu mendorong adamya kreativitas, misalnya dalam bidang seni.

 

Belas Kasihan

Belas Kasihan merupakan suatu perasaan iba atau tidak tega apabila melihat orang lain terkena musibah, maka kita dapat memberikan pertolongan semampu yang kita bisa kepada orang tersebut dengan tulus dan ikhlas tanpa meminta balas budi.

 

Cinta Kasih Erotis

Cinta kasih erotis merupakan bentuk dari luapan cinta yang begitu mendalam terhadap orang yang di kasihinya, cinta itu timbul karena adanya kemauan dan ketertarikan dalam dirinya untuk melakukan sesuatu yang lebih. Terkadang cinta kasih ini, di salah artikan bagi orang yang belum menikah untuk mencurahkan rasa sayang kepada pasangannya, sehingga hal ini melebihi batas.  Cinta kasih erotis ini biasanya di curahkan untuk pasangan yang telah menikah dan di landasi oleh rasa cinta sebagai pengikat kedua orang tersebut dalam ikatan cinta yang lebih tinggi.

 

Tanggapan:

Manusia sebagai inshan yang di berikan anugrah oleh Tuhan YME untuk mencintai dan dicintai orang lain, sebaiknya tidak menyalahartikan cinta yang di milikinnya dengan tidak saling menyakiti dan sebaiknya saling menyayangi.

 

Refrensi:

http://www.scribd.com/doc/30891193/MAKNA-KASIH-SAYANG

http://www.scribd.com/doc/100736576/37/Karakteristik-Kemesraan

http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=656a52949c918b31

http://www.kapanlagi.com/film/indonesia/baik-baik-sayang-kesetiaan-cinta-dalam-batas-agama.html

http://fiksi.kompasiana.com/cerpen/2012/02/14/arti-dan-makna-kasih-sayang/

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s