World Economic Forum Nilai TIK Indonesia Meningkat


London (ANTARA News) – World Economic Forum (WEF) menilai Indonesia semakin meningkat dalam hal kemajuan teknologi informatika dan komunikasi, dilihat dari meningkatnya peringkat Networked Readiness Index (NRI) Indonesia dari 67 tahun 2009-2010 menjadi peringkat ke-53 tahun 2010-2011 pada Global Information Technology Report (GITR) untuk 2010-2011.

Sekretaris Kedua PTRI Jenewa, Joannes Tandjung, dalam keterangan yang diterima ANTARA London, Rabu menyebutkan GITR 2010-2011 dipublikasikan World Economic Forum (WEF), Selasa mengumumkan peringkat NRI dari 138 negara.

Duta Besar/Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Dian Triansyah Djani mengatakan kenaikan peringkat NRI Indonesia menunjukkan perkembangan dan kemajuan yang diraih di sektor teknologi, informatika, dan komunikasi, khususnya untuk mengatasi kesenjangan digital dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan tanah air.

Dubes Djani menggarisbawahi bahwa kenaikan signifikan peringkat NRI Indonesia sebesar 14 peringkat dari tahun 2009-2010 ke tahun 2010-2011 merupakan lonjakan terbesar dari seluruh negara yang disurvei.

Kenaikan peringkat ini khususnya disebabkan meningkatnya peringkat perlindungan kekayaan intelektual dari 67 menjadi 57, extent and effect of taxation dari 22 menjadi 17, government prioritization of ICT dari 71 menjadi 6 serta government procurement of advanced technology dari 34 menjadi 29.

Selain itu juga terjadi peningkatan di bidang importance of ICT to government`s vision dari 85 menjadi 62, akses internet di sekolah dari 59 menjadi 50, ICT use and government efficiency dari 90 menjadi 72, extent of business internet use dari 71 menjadi 61, dan capacity of innovation dari 44 menjadi 30.

Dubes Djani lebih lanjut menyampaikan GITR 2010-2011 mengkonfirmasikan keunggulan negara-negara Nordik seperti Swedia, Denmark, Norwegia, dan Eslandia serta negara-negara macan Asia Singapura, Taiwan, China, Korea Selatan, dan Hong Kong SAR, dan ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Dalam mengimplementasikan teknologi, informatika dan komunikasi (TIK) di dalam seluruh sendi kehidupan individu, pelaku usaha dan pemerintahan.

“Kenaikan peringkat Indonesia terkait kesiapan teknologi komunikasi dan informatika sejalan dengan kemajuan Indonesia di bidang pembangunan ekonomi yang diakui dunia dan kalangan bisnis internasional,” ujar Dubes.

Pada GITR 2010/2011, Indonesia mengungguli peringkat NRI major emerging economies dan negara-negara Eropa serta Amerika Latin seperti Brazil (56), Afrika Selatan (61), Polandia (62), Yunani (64), Turki (71), Federasi Rusia (77), dan Argentina (96).

Di antara anggota ASEAN, Indonesia berada pada urutan ke-3 setelah Singapura (2) dan Malaysia (28), dan berada di atas peringkat Vietnam (55), Brunei Darussalam (57), Thailand (59), Filipina (86), Kamboja (111).

GITR merupakan edisi ke-10 laporan tahunan WEF yang diterbitkan sejak tahun 2001. Tema “Transformations 2.0” diangkat karena GITR 2010-2011 difokuskan pada transformasi yang disebabkan teknologi, informatika dan komunikasi (TIK), khususnya kontribusi TIK pada kehidupan individu, pelaku usaha dan pemerintah dalam beberapa tahun ke depan.

Laporan GITR 2010-2011 memuat peringkat daya saing seluruh negara yang didasarkan pada Networked Readiness Index (NRI).

Dalam menetapkan NRI, WEF menggunakan sembilan pilar yang dibagi atas tiga komponen utama yaitu environment, readiness, dan usage. Komponen pertama terdiri dari tiga pilar yaitu lingkungan pasar, lingkungan politik dan kerangka peraturan, dan lingkungan infrastruktur. Komponen kedua terdiri dari tiga pilar yaitu tingkat kesiapan individu, tingkat kesiapan lingkungan usaha, dan tingkat kesiapan lingkungan Pemerintah.

Sementara itu, komponen ketiga mencakup tiga pilar utama yang meliputi penggunaan oleh individu, penggunaan oleh usaha dan penggunaan oleh Pemerintah.

Swedia menduduki peringkat pertama GITR periode 2010-2011 yang kedua kalinya sejak periode 2009-2010 disusul oleh Singapura (2) dan Finlandia (3). Negara-negara Nordik dan Amerika Serikat (5), seperti Denmark (7) dan Norwegia (9) berada pada peringkat 10 besar NRI.
(ZG)

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s