Industri


Pengetahuan Lingkungan Industri Mengenai Limbah Cair

 

 

 

            Suatu kegiatan industri selain menghasilkan produk yang diinginkan, juga menimbulkan berbagai jenis limbah seperti limbah cair, limbah gas, limbah padat dan kebisingan. Proses produksi pada industri menghasilkan limbah yang mengandung bahan-bahan dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan. Bahan pencemar yang masuk ke dalam lingkungan akan berinteraksi dengan komponen lingkungan yang lain.

                   Kelompok 6 mempresentasikan tugas pengetahuan lingkungan industri menegenai limbah cair. Limbah cair yang ada pada perindustrian dapat di olah dengan membuat IPAL. Lokasi IPAL berada tidak jauh dari pabrik yaitu terdiri dari beberapa kolam yang berfungsi menjernihkan air limbah yang tadi kotor menjadi air bersih (sudah tak mengandung bahan kimia berbahaya).Pilihan kedua adalah menggunakan bahan-bahan cair yang ramah lingkungan.

                   Menurut pendapat saya, kedua cara tersebut sangat baik sekali apabila diterapkan dalam perindustrian, karena sebagian besar industri menghasilkan limbah. Limbah cair mudah mencemari lingkungan dan berdampak terhadap kesehatan juga. Oleh karena itu, industri yang membuang limbah secara sembarangan serta tidak diolah, sebaiknya industri tersebut lebih memperhatikan limbah yang dibuangnya, karena apabila limbah tersebut secara terus-menerus tidak diolah maka akan menimbulkan pencemaran dan kesehatan yang berkepanjangan. Selain itu, pemerintah juga harus ikut serta menanggulangi permasalahan dalam limbah perindustrian dan industri yang membuang limbah tanpa di olah.

 

Referensi:

http://eprints.undip.ac.id/36495/1/BAB_I,II,III.pdf

 

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s