Mobil Esemka Tidak Lulus Uji Emisi


Tidak lulusnya uji emisi mobil Esemka menyebabkan rencana peluncuran mobil karya siswa SMK tersebut menjadi mundur. Rencananya, mobil itu akan diluncurkan pada HUT RI 17 Agustus mendatang.

Seperti diketahui, sebelumnya walikota Solo Joko Widodo menargetkan Agustus nanti mobil Esemka sudah bisa diproduksi sebanyak 200 unit. Karena gagalnya uji emisi, rencana tersebut terpaksa diundur.

Selain batal diluncurkan, dampak tidak lulusnya uji emisi menyebabkan rencana persiapan infrastruktur pembuatan mobil Esemka pun mundur. Padahal awalnya, bulan Juni dijadwalkan sudah bisa diproduksi.

“Ya, saya tidak tahu, nanti jadinya seperti apa. Kalau belum rampung, bagaimana kita bisa start?” keluh pria yang akrab disapa Jokowi ini.

Meskipun sudah ramai diketahui oleh media jika mobil Esemka tidak lulus uji emisi, namun pihak Walikota, Wakil Walikota maupun Solo Tehcno Park belum menerima surat pemberitahuan hasil emisi tersebut. “Sekarang ini surat tertulisnya, saya belum terima,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Walikota Solo Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa ambang batas gas buang Esemka belum memenuhi persyaratan, yakni kadar CO2 masih di atas 5 gram per kilometer. Namun menurutnya, perjuangan mereka tidak akan berhenti akibat gagalnya uji emisi.a

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s